Dampak Globalisasi Terhadap Mata Pencaharian dan Bahasa

Dampak Globalisasi Terhadap Mata Pencaharian

Dampak positif dari adanya globalisasi yang mempengaruhi mata pencaharian :

  1. Adanya kemajuan pemikiran dari masyarakat bahwa mereka ingin hidup dan bekerja pada bidang yang beragam untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya. Jadi mereka mencoba pekerjaan modern untuk dapat bertahan hidup serta mencukupi kebutuhannya.
  2. Masyarakat dapat mengetahui macam-macam mata pencaharian yang ada didunia dan mereka dapat mengaplikasikannya pada kehidupan tanpa harus melupakan serta menghilangkan mata pencaharian trasdisional.
  3. Adanya kemajuan bangsa yang tidak terpacu pada beberapa mata pencaharian saja. Karena globalisasi telah membawa pada suatu era dimana sudah tidak ada lagi keterbatasan informasi yang masuk ke dalam suatu negara. Dengan adanya globalisasi, suatu negara dapat mempumyai macam-macam mata pencaharian.

Dampak negatif karena adanya globalisasi terhadap mata pencaharian adalah :

  1. Adanya transformasi mata pencaharian tradisional ke mata pencaharian modern yang menyebabkan lunturnya kebudayaan dari mata pencaharian tradisional. Mata pencaharian tradisional sudah jarang lagi ditekuni oleh masyarakat, mereka cenderung bekerja dengan mata pencaharian modern karena mereka berpikir bahwa dengan bermata pencaharian modern mereka mempunyai gaji yang lebih tinggi dari pada bekerja dengan mata pencaharian tradisional.
  2. Hilangnya lagi sikap kebersamaan dan gotong royong, karena pada dasarnya kebanyakan dari mata pencaharian tradisional membutuhkan suatu kebersamaan dan kerja sama antar pekerja atau masyarakat, contohnya petani, kuli bangunan dan lain sebagainya. Kemudian pekerjaan modern cenderung individualisme, memang juga ada sebuah kerja sama, namun tidak seerat kebersamaan dalam melakukan mata pencaharian tradisional.
  3. Di daerah-daerah banyak dibangun industri-industri baru yang pastinya menggusur lahan-lahan pertanian atau ladang masyarakat. Itu juga akan berdampak pada kehidupan sehari-hari masyarakat, adanya polusi adanya kepadatan penduduk yang berpindah ke daerah-daerah yang penuh dengan lapangan pekerjaan seperti industri-industri.
  4. Dengan banyaknya minat orang Indonesia menjadi TKI akan banyak pelanggaran HAM.
  5. Dengan adanya transformasi mata pencaharian dari sektor agraris ke sektor industrialis mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan dan polusi limbah industry.

Dampak Globalisasi Terhadap Bahasa

 

  1. Pengaruh Negatif

1. Eksistensi Bahasa Indonesia Terancam Terpinggirkan.

Berbahasa sangat erat kaitannya dengan budaya sebuah generasi. Kalau generasi negeri ini kian tenggelam dalam pembususkan bahasa Indonesia yang lebih dalam, mungkin bahasa Indonesia akan semakin sempoyongan dalam memanggul bebannya sebagai bahasa nasional dan identitas bangsa. Bahkan, generasi muda inilah yang paling banyak menggunakan dan menciptakan bahasa gaul di masyarakat.

2. Menurunnya Derajat Bahasa Indonesia

Motivasi untuk belajar menguasai bahasa asing lebih tinggi daripada belajar dan menguasai bahasa sendiri. Kenyataan adanya efek social yang lebih baik bagi orang yang mampu berbahasa asing daripada berbahasa Indonesia, hal ini lebih menururnkan lagi derajat bahasa Indonesia di mata orang awam.

Fenomena yang banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia saat ini antara lain:
a. Banyak orang memperlihatkan dengan bangga kemahirannya menggunakan bahasa asing walaupun mereka tidak menguasai bahasa Indonesia dengan baik.

b. Banyak orang Indonesia merasa malu apabila tidak menguasai bahasa asing ( inggris) tetapi tidak pernah merasa malu dan kurang apabila tidak menguasai bahasa Indonesia.

c. Banyak orang Indonesia menganggap remeh bahasa Indonesia dan tidak mau mempelajarinya karena merasa dirinya telah menguasai bahasa Indonesia dengan baik.

d. Banyak orang Indonesia merasa dirinya lebih pandai dari pada orang lain karena teleh menguasai bahasa asing.

Hal-hal demikian sepantasnya kita hindari agar bahasa Indonesia sesuai dengan fungsi dan kedudukannya, yaitu sebagai bahasa pemersatu, bahasa nasional, bahasa negara dan bahasa resmi.

2. Dampak  Positif

1. Keberhasilan didalam perencanaan bahasa, khususnya dalam kedudukannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.

.2. Berbagai aspek kehidupan, tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak dan elektronik, wawancara, dialog, atau pun gelar wicara.

3. Dapat berkomunikasi dengan warga negara lain yang bahasanya tidak sama dengan bahasa indonesia melalui bahasa internasional.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s